Mereka yang mengintip perilaku BOBOTOH


AWAS!! Jangan coba-coba melempar kemasan air mineral ke dalam lapangan atau sengaja membuat kerusuhan di tribun. Selain karena akan merusak pertandingan, juga karena sekarang ada “steward” yang tugasnya mengawasi supporter (Bobotoh) sepanjang pertandingan. 

Sekali tertangkap basah melakukan tindakan yang merusak dan merugikan pertandingan, jangan salahkan bila anda langsung digelandang untuk diamankan. Setiap Persib menggelar pertandingan home di Stadion Jalak Harupat, panpel menyiagakan sebanyak 

50 orang steward untuk memantau dan mengawasi jalannya pertandingan. 
Fungsi steward ini memberikan informasi kepada petugas keamanan gabungan jika terlihat ada kejadian di tribun penonton, baik itu kejadian pelemparan, pembakaran atau perkelahian antar supporter.

Steward atau apapun namanya, memang masih terdengar langka di panggung kompetisi Liga Indonesia. Keberadaannya baru tampak terlihat jelas musim ini. tugas utama para steward adalah mengawasi perilaku penonton (bobotoh). Jadi tugas mereka jauh berbeda dengan keamanan dari pihak kepolisian dan TNI misalnya.
Meskipun sepak bola Indonesia jauh di bawah level Eropa, namun setidaknya keberadaan para pengawas perilaku bobotoh yang disiapkan panpel ini bisa sejajar mereka yang mengawasi pertandingan AC Milan, Manchester United, Liverpool yang harus bisa meminimalisir anarkisme supporter.

Posted in Labels: , , , |

0 comments: