CABANAS AMANKAN JAYA

JAYA HARTONO agaknya bisa sedikit bernapas lega. Gol kemenangan Lorenzo Cabanas di menit-menit akhir membuat Persib bandung menang 3-2 atas Sriwijaya FC dalam lanjutan Indonesia SUper League (ISL), sekaligus mengamankan posisi Jaya di kursi kepelatihan.

Kegagalan di ajang Copa Dji Sam Soe Indonesia (CDSSI) dari lawan yang sama membuat Persib mengusung dendam di laga kali ini. Kemenangan merupakan harga mutlak skuad Maung Bandung untuk kembali menumbuhkan rasa percaya diri mereka. Selain itu, posisi Jaya juga kian disorot akibat performa kurang apik Persib di beberapa laga sisa.

Tekad itu langsung terlihat melalui serangan gencar yang dilakukan kubu tuan rumah sejak awal laga. Dalam kurun waktu kurang dari 15 menit, Persib telah mampu menciptakan empat peluang emas. Namun, penampilan cemerlang kiper SFC, Ferry Rotinsulu, masih menggagalkan peluang-peluang itu.

Memasuki menit ke-17, gawang Ferry akhirnya bobol juga oleh striker tersubur Persib, Cristian Gonzalez. Memanfaatkan umpan terobosan dari lini tengah, bomber berjuluk El Loco ini mampu lolos dari perangkap offside sebelum menaklukkan Ferry. Inilah gol ke-18 striker berjuluk El Loco itu, sepanjang musim.

Sayang keunggulan itu tidak berlangsung lama setelah tim tamu mampu bereaksi positif tiga menit setelahnya. Memanfaatkan umpan sepak pojok, top skor sementara SFC dan ISL, Ngon A Djam, berdiri bebas untuk menanduk bola ke arah gawang Cecep Supriyatna.

Selepas dua gol pembuka tersebut, kedua kubu langsung menurunkan tempo permainan. Dominasi Persib di awal-awal laga mulai berkurang di sisa 25 menit paruh pertama ini. Hingga turun minum. tak ada gol tambahan yang diciptakan kedua tim.

Memasuki babak kedua, tempo pertandingan mulai meningkat kembali. Tuan rumah yang enggan kehilangan tiga angka di kandang sendiri semakin aktif menyerang.

Di awal babak kedua ini pula kiper SFC, Ferry, terpaksa ditandu keluar setelah mengalami cedera. Posisinya di bawah mistar terpaksa diggantikan oleh kiper cadangan, Dede Sulaiman.

Keasyikan menyerang membuat lini belakang Persib sedikit lengah. Melalui serangan balik cepat, M. Nasuha mampu membawa tim tamu berbalik unggul melalui sundulan kepalanya setelah memanfaatkan umpan silang Keith Kayamba Gumps.

Dan, di paruh kedua ini giliran Persib yang bereaksi positif setelah tertinggal. Berawal dari umpan silang Atep, Dede gagal mengantisipasi bola secara sempurna. Bola yang muntah kembali langsung disambar oleh pemain pengganti, Hilton Moreira, untuk membuat skor menjadi 2-2, di menit ke-71.

Di sisa laga, Persib kian mendominasi peluang-peluang. Target mutlak meraih tiga poin di laga ini membuat Eka Ramdani dkk bermain kesetanan. Upaya Maung Bandung akhirnya berbuah hasil di penghujung laga. Melalui tendangan dari dalam kotak penalti, Cabanas mampu menaklukkan Dede sekaligus memantapkan skor 3-2 untuk timnya.

Kemenangan ini setidaknya membuat kursi kepelatihan Jaya Hartono sedikit lebih aman. Maklum, sebelum laga, banyak yang memprediksi arsitek Maung Bandung itu bakal dipecat jika gagal meraih kemenangan.

Selain itu, tambahan tiga angka juga membuat Persib berhak naik ke posisi lima kalsemen ISL dengan koleksi 42, berselisih dua angka dari Persijap Jepara yang terpaksa turun ke peringkat enam. SFC sendiri masih tertahan di posisi tiga klasemen dengan nilai 48.

Posted in |

0 comments: